FIM dan Dorna Sports saat ini tengah membuka kesempatan bagi pabrikan lainnya di MotoGP yang tertarik untuk menjadi pemasok resmi mesin Moto2 mulai tahun 2019 hingga seterusnya.
Seperti yang kita tahu, sejak tahun 2010 yang lalu Honda Racing Corporation (HRC) telah menjadi pemasok tunggal mesin Moto2. Namun, akhir tahun lalu pabrikan Jepang itu mengumumkan akan terus menjadi pemasok mesin resmi untuk Kelas Moto2 selama tiga tahun kedepan yakni mulai 2016 sampai akhir musim 2018.
Nah karena hal itu FIM dan Dorna memberikan kesempayan buat pabrikan lainnya. Tidak menutup kemungkinan Yamaha atau bahkan Suzuki bisa menggantikan posisi Honda sebagai pemasok mesin Moto2 kedepannya.
Basis mesin Moto2 hingga saat ini menggunakan mesin Honda CBR600RR yang sudah dimodifikasi sedemikian rupa untuk tujuan kompetisi yang terjangkau, namun dari segi harga tetap terjangkau bagi tim-tim Moto2, tidak overprice.
Bahkan harga satu unit paket lengkap motor Moto2 itu kabarnya jauh lebih murah dibanding satu unit motor prototipe Moto3 yang paling kompetitif saat ini seperti Honda NSF250RW.
ExternPro sampai saat ini bertugas men-tweak mesin CBR600RR yang digunakan di kelas Moto2. Namun, mereka juga bertanggung jawab untuk memperbarui komponen mesinnya sepanjang musim berlangsung. Kalau masalah sasis itu urusan Kalex sama Suter.
Kesempatan ini dibuka FIM dan Dorna hingga akhir musim ini bersamaan dengan proses pemilihan tender mesin Moto2.